Selasa, 01 Desember 2009

DENGARKAN CURHATKU : "PAPA VS MAMA"

DM Reader,

Dengarkan Curhatku masih juga nih hadir kemarin Jumat tanggal 30 Oktober jam 18.30 sampai dengan jam 20.30, dimana lagi kalo bukan di 107,8 DM Radio. Yup, Dengarkan Curhatku masih aja terus ngomongin hal-hal yang emang perlu buat dicurhatin, karena enggak semua masalah bisa DM Readers beresin sendiri, nah DM Readers bisa curhat disini, karena 107,8 adalah tempat bagi orang-orang yang emang butu tempat curhat.

DM Readers, Dengarkan Curhatku kali ini ngomongin tentang “Papa Vs Mama”. Nah, nih topik cocok buanget buat para DM Listener dan juga tentunya DM Readers yang ngerasa radak broken home lantaran Papa and Mama mereka sering banget berantem. Apa aja nih yang diomongin Andy Sugar barengan dengan Kak Andy dari PPS (Pelayanan Pelajar Surabaya). Nih dia rangkuman hasil obrolan mereka kemarin.

DM Readers, sebenernya alasan papa and mama sering berantem itu disebabkan lantaran mereka kurang banget yang namanya komunikasi, kurangnya komunikasi ini kebanyakan terlalu sibuk dengan urusan masing-masing, mengangap sepele sebuah masalah kecil yang enggak perlu diomongin dan ketika masalah itu udah menumpuk maka ketika meletak maka akan terjadi pertengkaran yang dasyat. Selain itu nih, DM Readers, adanya perbedaan persepsi dalam menangapi sesuatu juga bisa menjadi dasar yang kuat seringnya terjadi pertengkaran.

DM Readers, pertengkaran antara papa dan mama ini bukan hanya akan berimbas terhadap hubungan mereka aja, tetapi nantinya nih, perlahan tapi pasti akan memberikan efek samping dalam kehidupan sang anak. Akibatnya nih, misalnya kabur dari rumah atau bahkan yang lebih paranya terlibat dalam pergaulan yang salah, dugem, rokok, narkoba atau lain-lain. Nah, kalo udah begini maka keluarga ini akan sangat sulit diperbaiki lagi.

DM Readers, Kak Andy dari Pelayanan Pelajar Surabaya ngasih tips nih, yang berhubungan dengan masalah ini. hal yang paling penting nih, yang kemarin disarankan oleh Kak Andy adalah sebaiknya mencari teman untuk curhat atau berbagi. Nah, DM Readers, dalam mencari teman curhat nih gak boleh asal, hal nih dikarenakan jika salah teman curhat bukan malah menyelesaikan masalah tapi malah memperkeruh keadaan. Selain itu nih, teman curhat juga sebaiknya bukan pacar dari DM Readers. Sebaiknya cari seseorang yang mempunyai kerohanian yang lebih dewasa. Karena seseorang yang mempunyai tingkat kerohanian yang dewasa bisa bersikap bijak dalam menghadapi masalah. Tidak asal ngambil keputusan yang tentunya ngrugiin banget ama yang lagi curhat nih.

DM readers, solusi yang terbaik nih sebaiknya…
Coba mengerti mereka. Tentunya dari sisi papa atau dari sisi sang mama. Seorang papa yang notabennya laki-laki tentu cari pikirnya berdasarkan logika, sedangkan sang mama seorang wanita yang pola pikirnya tentunya lebih didominasi oleh perasaan. Kesibukan masing-masing dan jarangnya mereka bertemu menjadikan mereka saling tidak mengerti. Hal ini tentunya kudu DM Readers mengerti.
Membangun komunikasi yang baik.
Menciptakan kondisi atau suasana yang nyaman dirumah.
Memberi sesuatu yang positif atau memberikan kejutan-kejutan kecil yang bisa membaggahkan mereka. Misalnya nih, menyambutkan papa dengan secangkir teh atau kopi yang menjadi kesukaannya sewaktu dia pulang kerja dan juga mama nih kalo mama juga kerja, atau juga bisa memberikan kejutan dalam bentuk prestrasi disekolah atau dimana pun DM Readers berada. Sehingga mereka berpikiran bahwa anak MEREKA berprestasi itu pasti karena MEREKA, bukan karena secara individu dari mereka. Kejutan kecil juga dapat diberikan pada ULTAH PERKAWINAN MEREKA.
Sharing dengan teman untuk mencari solusi terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar