Selasa, 27 Oktober 2009

DENGARKAN CURHATKU : "ORTU-ku OVER PROTEKTIF"

DM Readers,

Jumat kemarin ni, tepatnya tanggal 16 Oktober jam 18.30 waktu Surabaya, DM Radio 107,8 kamu barengan ama Andy Sugar dalam Dengarkan Curhatku. Dengarkan Curhatku edisi kali ini membahas abis-abisan seputar “Ortu-ku Over Protektif”… Bagi sebagian orang ni, mungkin tema ini rada lebay, tapi sadar atau tidak disekitar kita ni, tema ini diangap sangat serem bagi sebagian orang, karena mereka pernah atau bakal sedang ngalaminya. Penasaran dengan Dengarkan Curhatku kemarin, tapi engak sempet dengerin DM Readers jangan kuatir, semua hal seputar “Ortu-ku Over Protektif” uda DM Radio salin dan ringkas disini, ini ringkasannya…

DM Readers, ternyata ni ada beberapa hal penyebab mengapa ni ortu kita jadi over protektif banget sama kita, dari pembahasan kemarin yang dibawakan oleh Andy dengan nara sumber kita Kak Andy (namanya sama ni dengan penyiar kita..he…he…he..) dan juga Kak Like dari PPS “Pelayanan Remaja Surabaya”, didapatkan alasan ortu kita protektif, yaitu :

  • Yang pertama, masalah gender sangat mempengarui, ortu itu biasanya ni lebih protek sama anak cewk dibandingin anak cowok. Hal ini bukan lantaran ortu kita engak sayang, tetapi ni anak cewek lebih beresiko.
  • Yang kedua, orang tua ni sangat sangat takut kalau anaknya ni sampai salah pergaulan. Hal ini emang karena uda banyak contoh kasusunya, DM Readers. Tanpa disadari ni, temen-temen kita disekitar kita uda banyak banget yang salah pergaulan. Jadi wajar dong jika ortu kita sangat-sangat takut juga.
  • Masalah pacaran. Nah, ini masalah yang sangat teramat sangat sering terjadi. Padahal ni, orang tua kita itu tidak pengen kita dapet nilai yang jelek lantaran kita pacaran, pa lagi sampai terjerumus yang namanya ‘free sex’. Hal ini lantaran gaya pacaran orang jaman sekarang sangat berbeda dengan gaya berpacaran klasik tapi bagus ala jaman dahulu kala.

DM Readers, alasan utama yang menjadikan ortu kita itu over protektif itu benernya mereka teramat sangat sayang ama kita, tetapi kita tidak bisa melihat sudut padang mereka ni, DM Readers. Tetapi sikap keterbukaan dari kita ni, dijamin akan sangat mengurangi ortu kita dalam hal protektifnya.

Nah, DM Readers, cara positif untuk menyingkapi ortu yang over protektif ada beberapa, diantaranya yaitu :

  • menyingkapi keputusan ortu dari dua sisi, dari sisi kita dan juga dari sisi ortu kita yang teramat sayang ama kita. Jadi kita gak boleh egois ni.
  • Positive thingking. Ni penting DM Readers, tetapi tidak semua orang bisa ngelakuin.
  • Dan yang terpenting, semua hal itu kudu disingkapi dengan kepala yang dingin.

Solusinya ni, DM Readers Kak Andy and Kak Like dari PPS (Pelayanan Pelajar Surabaya) ngomongin gimana sih cara ngadapen ortu yang protektif, yaitu :

  • Teriak, luapin semua emosimu. Tapi DM Readers, jangan teriak didepan ortu-mu atau ditelinga orang lain. Ok?
  • Kamu juga bisa ngutarain isi hatimu atau emosimu dengan nulis dibuku diary. (khususnya buat yang cewek)
  • Menyadari kalau ortu kita itu sayang banget sama kita. Mana ada sih, ortu yang gak sayang anaknya???
  • Lebih dekat sama ortu, hal ini bisa dilakuin dengan cara banyak komunikasi atau sikap terbuka.
  • Positive thingking.
  • Jangan menyalahgunakan kepercayaan ortu.
  • Membuktikan diri ni didepan orang tua, kalau kita ini bisa mandiri.
  • Hal yang terpenting namun sering kita lupain adalah, bersukur klau kita masih punya ortu, jangan samapai menyesal dan terlambat, DM Readers.

So, DM Readers, itu semua ringkasan dari Dengarkan Curhatku edisi kemarin ni yang membahas tentang “Ortu-ku Over Protektif” yang dibawain Andy dengan nara sumber Kak Andy dan juga Kak Like dari PPS (Pelayanan Pelajar Surabaya). Semoga tips-tips dan informasi ini bermanfaat bagi kamu semua DM Readers..see you…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar